soal dan pembahasan Matematika SMP

PAKET 2
CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN
MATEMATIKA SMP/MTs

1. * Kemampuan yang diuji.
Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat

* Indikator soal
Menentukan hasil operasi campuran bilangan bulat.

* Soal
Hasil dari 4 + 10 : 2  (5) adalah ….
A. 29 C. 12
B. 15 D. 5

* Kunci jawaban: A

* Pembahasan
4 + 10 : 2  (5) = 4 + 5  (5)
= 4 – 25
= 29

2. * Kemampuan yang diuji.
Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat

* Indikator soal
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat

* Soal
Suhu tempat A adalah 60 C di bawah nol, suhu tempat B adalah 280C di atas nol, dan suhu tempat C adalah tepat di antara suhu tempat A dan tempat B. Suhu tempat C adalah ….
A. – 170 C. 110
B. – 110 D. 170

* Kunci jawaban: C

* Pembahasan
60 di bawah nol di artikan – 60, sedangkan 280 di atas nol diartikan + 280.
Selisih antara – 60 dengan + 280 adalah 340, karena tempat C di antara tempat A dan B, maka: 340 : 2 = 170. Suhu tempat C adalah – 60 + 170 = 110.

3. * Kemampuan yang diuji.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan.

* Indikator soal
Mengurutkan beberapa bentuk pecahan

* Soal
Urutan dari besar ke kecil untuk pecahan adalah ….
A. C.
B. D.

* Kunci jawaban: A

* Pembahasan
KPK dari 5, 4, dan 2 adalah 20, maka: , , dan
Urutan dari besarke kecil adalah, , , atau

4. * Kemampuan yang diuji.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan.

* Indikator soal
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung pecahan

* Soal
Banyak siswa di suatu kelas 40 orang. bagian senang sepakbola, bagian senang volley, bagian senang basket, sedangkan sisanya senang berenang.
Banyak siswa yang senang berenang adalah ….
A. 1 orang C. 10 orang
B. 3 orang D. 15 orang

* Kunci jawaban: B

* Pembahasan
KPK dari 10,4, dan 8 adalah 40.
Maka: 1 – ( + + ) = 1 – ( + + )
= 1 –
=
Jumlah siswa yang senang berenang = x 40 orang
= 3 orang.

5. * Kemampuan yang diuji.
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan skala dan perbandingan.

* Indikator soal
Menentukan salah satu dari jarak sebenarnya, skala, atau jarak pada gambar

* Soal
Jarak dua buah kota pada peta dengan skala 1 : 3.500.000 adalah 5 cm.
Jarak sebenarnya kedua kota itu adalah ….
A. 175 km C. 17,5 km
B. 70 km D. 7 km

* Kunci jawaban: A

* Pembahasan
Jarak sebenarnya = 3.500.000  5 cm.
= 17.500.000 cm
= 175 km

6. * Kemampuan yang diuji.
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan skala dan perbandingan.

* Indikator soal
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan perbandingan senilai atau berbalik nilai

* Soal
Setelah berputar 18 kali, roda sepeda menempuh jarak sejauh 27 meter. Jika roda tersebut berputar 12 kali, jarak yang ditempuh adalah … .
a. 16 meter c. 24 meter
b. 18 meter d. 43 meter

* Kunci jawaban: B

* Pembahasan
18 kali → 27 m
12 kali → m = 18 m
Jarak yang dapat ditempuh adalah 18 m.

7. * Kemampuan yang diuji.
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan skala dan perbandingan.

* Indikator soal
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan perbandingan senilai atau berbalik nilai

* Soal
Sebuah asrama memiliki penghuni sebanyak 30 orang. Persediaan makanan yang ada diperkirakan akan habis selama 8 hari. Karena ada tambahan 10 orang penghuni, berapa hari persediaan makanan akan habis ?
A. 6 hari C. 15 hari
B. 11 hari D. 24 hari
* Kunci jawaban: A

* Pembahasan
30 orang  8 hari
40 orang  m hari
maka :
40 m = 240
m = 240 : 40
m = 6
Persediaan makanan akan habis selama 6 hari.

8. * Kemampuan yang diuji.
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan jual beli.

* Indikator soal
Menentukan salah satu dari harga pembelian, harga penjualan, atau persentase untung/rugi

* Soal
Harga pembelian 1,5 lusin buku Rp72.000,00. Buku tersebut dijual eceran dengan harga Rp5.000,00 tiap buah. Persentase untung atau ruginya adalah ….
A. untung 20% C. untung 25%
B. rugi 20% D. rugi 25%

* Kunci jawaban: C

* Pembahasan
1,5 lusin = 18 buah.
Harga pembelian tiap buah = Rp72.000,00 : 18
= Rp4.000,00
Harga penjualan tiap buah Rp5.000,00
Karena harga penjualan lebih besar dari pembelian, maka ia mendapat untung.
Untung = Rp5.000,00 – Rp4.000,00
= Rp1.000,00
Persentase untung adalah = 25%

9. * Kemampuan yang diuji.
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan jual beli.

* Indikator soal
Menentukan salah satu dari harga pembelian, harga penjualan, atau persentase untung/rugi

* Soal
Dengan harga jual Rp4.200.000,00 seorang pedagang rugi 16%.
Harga pembeliannya adalah ….
A. Rp4.000.000.00 C. Rp5.000.000,00
B. Rp4.200.000,00 D. Rp5.400.000,00

* Kunci jawaban : C

* Pembahasan
Pembelian = 100%
Rugi = 16%
Penjualan = 84% (Rp4.200.000,00)
Harga pembeliannya adalah Rp4.200.000,00 = Rp5.000.000,00

10. * Kemampuan yang diuji.
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan perbankan dan koperasi.

* Indikator soal
Menentukan salah satu dari persentase bunga, waktu, atau besar uang setelah n bulan

* Soal
Dinda menabung uang sebesar Rp2.000.000,00 di Bank dengan bunga 18% per tahun. Jumlah tabungan Dinda setelah 8 bulan adalah ….
A. Rp240.000,00 C. Rp2.240.000,00
B. Rp360.000,00 D. Rp2.360.000,00

* Kunci jawaban: C

* Pembahasan
Bunga selama 1 tahun 18% = Rp2.000.000,00
= Rp360.000,00
Bunga selama 8 bulan = Rp360.000,00
= Rp240.000,00
Jumlah tabungan Dinda setelah 8 bulan adalah Rp2.000.000,00 + Rp240.000,00 =
Rp2.240.000,00

11. * Kemampuan yang diuji.
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan barisan bilangan.

* Indikator soal
Menyelesaikan soal tentang gambar berpola.

* Soal
Perhatikan gambar pola berikut!

(1) (2) (3) (4)
Banyak lingkaran pada pola ke-20 adalah….
A. 600 C. 420
B. 440 D. 240

* Kunci jawaban: B

* Pembahasan
Pola ke-1 = 1  3 = 3
Pola ke-2 = 2  4 = 8
Pola ke 3 = 3  5 = 15
Pola ke-4 = 4  6 = 24

… (dst, hingga pola ke-20)
Pola ke-20 = 20  22
= 440

12. * Kemampuan yang diuji.
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan barisan bilangan.

* Indikator soal
Menentukan rumus suku ke-n barisan bilangan.

* Soal
Rumus suku ke-n barisan bilangan 8, 13, 18, 23, …adalah ….
A. 3n + 5 C. 5n + 3
B. 4n + 4 D. 6n + 2

* Kunci jawaban: C

* Pembahasan
Beda tiap suku pada barisan bilangan tersebut adalah 5.
Suku pertama (8)  (5  1) + 3
Suku kedua (13)  (5  2) + 3
Suku ketiga (18)  (5  3) + 3
Suku keempat (23)  (5  4) + 3
Jadi, suku ke-n adalah  (5  n) + 3 atau 5n + 3.

13. * Kemampuan yang diuji.
Mengalikan bentuk aljabar.

* Indikator soal
Menentukan hasil perkalian bentuk aljabar suku dua.

* Soal
Hasil dari (a–7b)(4a– 2b) adalah ….
A. 4a2 – 26ab – 14b2 C. 4a2 – 30ab + 14b2
B. 4a2 + 26ab – 14b2 D. 4a2 + 30ab + 14b2

* Kunci jawaban: C

* Pembahasan
(a–7b)(4a– 2b) = a(4a– 2b) – 7b(4a– 2b)
= 4a2 – 2ab – 28ab + 14b2
= 4a2 – 30ab + 14b2

14. * Kemampuan yang diuji
Menghitung operasi tambah, kurang, kali, bagi atau kuadrat bentuk aljabar

* Indikator soal
Menentukan hasil operasi hitung bentuk aljabar

* Soal
Bentuk sederhana dari 2x + 4xy – 6y 5x – 7xy + y adalah ….

A. -3x – 3xy – 5y
B. -3x – 11xy + 7y
C. -7x – 3xy + 5y
D. -7x + 11xy – 7y

* Kunci Jawaban : A

* Pembahasan
2x + 4xy – 6y 5x – 7xy + y = 2x – 5x + 4xy – 7xy – 6y + y
= 3x – 3xy – 5y

15. * Kemampuan yang diuji.
Menyederhana-kan bentuk aljabar dengan memfaktorkan.

* Indikator soal
Menyederhanakan pecahan bentuk aljabar.

* Soal
Bentuk sederhana dari adalah ….
A. C.
B. D.
* Kunci jawaban: B

* Pembahasan
=
=

16. * Kemampuan yang diuji.
Menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel

* Indikator soal
Menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel
* Soal
Penyelesaian dari (3x – 6) = (2x – 3) adalah ….

A. x = 30
B. x = 6
C. x = 6
D. x = 30

* Kunci jawaban: C

* Pembahasan

17. * Kemampuan yang diuji.
Menentukan irisan atau gabungan dua himpunan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan.

* Indikator soal
Menentukan irisan dua himpunan.

* Soal
Diketahui K = { bilangan prima antara 2 dan 12} dan
L = { 4 bilangan kelipatan 3 yang pertama}.
A B adalah ….
A. { 3,5,6,7,9,11,12} C. {3,6,9}
B. { 5,6,7,9,11,12} D. {3}

* Kunci jawaban: D

* Pembahasan
K = { bilangan prima antara 2 dan 12}, maka K={3,5,7,11}
L = { 4 bilangan kelipatan 3 yang pertama}, maka L={3,6,9,12}
K L = {3}

18. * Kemampuan yang diuji.
Menentukan irisan atau gabungan dua himpunan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan.

* Indikator soal
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan

* Soal
Dari suatu kelas terdapat 25 siswa suka membaca, 30 siswa suka mengarang. Jika 12 orang siswa suka membaca dan mengarang, banyak siswa dalam kelas tersebut adalah ….
A. 67 orang C. 43 orang
B. 55 orang D. 37 orang

* Kunci jawaban: C

* Pembahasan
Misal: yang suka membaca adalah K, dan yang suka mengarang adalah L, maka:
n(S) = n(K) + n(L) – n(K L)
n(S) = 25 + 30 – 12
n(S) = 43
Jadi, banyak siswa dalam kelas adalah 43 orang.

19. * Kemampuan Yang Diuji
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi

* Indikator Soal
Menentukan diagram panah/himpunan pasangan berurutan/diagram cartesius yang menunjukkan fungsi

* Soal
Diketahui diagram panah:
(1)

(2)

(3)

(4)

Diagram yang menunjukkan pemetaan/fungsi adalah ….

A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)

* Kunci jawaban : B

* Pembahasan
Pemetaan/fungsi dari himpunan A ke himpunan B adalah relasi yang memasangkan setiap anggota A dengan tepat satu anggota B, (1) dan (3) memenuhi syarat sebagai pemetaan/fungsi

20. * Kemampuan Yang Diuji
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi

* Indikator Soal
Menentukan nilai fungsi

* Soal
Fungsi f (x) = ax + b, jika f (2) = 2 dan f (3) = 13 maka nilai f (4) adalah ….

A. 16
B. 12
C. 8
D. 4

* Kunci jawaban : C

* Pembahasan

21. * Kemampuan Yang Diuji
Menentukan gradien, persamaan garis dan grafiknya

* Indikator Soal
Menentukan gradien garis

* Soal

Gradien garis pada gambar di atas adalah ….

A.
B.
C.
D.

* Kunci jawaban : C

* Pembahasan
(arah kanan bawah gradien bertanda negative)

22. * Kemampuan Yang Diuji
Menentukan gradien, persamaan garis dan grafiknya

* Indikator Soal
Menentukan persamaan garis yang melalui satu titik dan sejajar atau tegak lurus garis lain

* Soal
Persamaan garis melalui titik (-3, 2) dan sejajar dengan garis 2x + 3y = 6 adalah ….

A. 2x + 3y = 8
B. 2x + 3y = 8
C. 2x + 3y = –4
D. 2x + 3y = 4

* Kunci jawaban : D

* Pembahasan
Gradien garis 2x + 3y = 6 adalah :

Persamaan garis melalui titik (-3, 2) dan sejajar dengan garis 2x + 3y = 6 adalah :

23. * Kemampuan Yang Diuji
Menentukan penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel

* Indikator Soal
Menentukan penyelesaian dari SPLDV

* Soal
Penyelesaian sistem persamaan 2x + 4y + 2 = 0 dan 3x – y – 11 = 0 adalah x1 da y1. Nilai x1 + y1 adalah ….

A. -5
B. -1
C. 1
D. 5

* Kunci jawaban : C

* Pembahasan
2x + 4y + 2 = 0  6x + 12y + 6 = 0
3x – y – 11 = 0  6x – 2y – 22 = 0
14y +28 = 0
14y = -28
y1 = -2
2x + 4y + 2 = 0  2x – 8 + 2 = 0  2x = 6  x1 = 3
Jadi x1 + y1 = 3 + (-2) = 1

24. * Kemampuan Yang Diuji
Menentukan penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel

* Indikator Soal
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan SPLDV

* Soal
Jumlah dan selisih dua buah bilangan masing-masing 12 dan 4. Selisih kuadrat kedua bilangan itu adalah ….

A. 4
B. 16
C. 48
D. 72

* Kunci jawaban : C

* Pembahasan
x + y = 12
x – y = 4 +
2x = 16
x = 8

x + y = 12
8 + y = 12
y = 4
Selisih kuadrat = 82 – 42 = 48

25. * Kemampuan Yang Diuji
Menyelesaikan soal dengan menggunakan teorema Pythagoras

* Indikator Soal
Menyelesaikan soal dengan menggunakan teorema Pythagoras

* Soal
Perhatikan gambar dan pernyataan berikut.

(1) a2 = b2 – c2
(2) b2 = a2 + c2
(3) c2 = a2 + b2
(4) a2 = c2 – b2
Pernyataan yang benar adalah ….

A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)

* Kunci jawaban : A

* Pembahasan
Sisi miring pada segitiga panjangnya adalah b satuan sehingga b2 = a2 + c2 atau a2 = b2 – c2

26. * Kemampuan Yang Diuji
Menghitung luas bangun datar

* Indikator Soal
Menghitung luas gabungan beberapa bangun datar

* Soal
Perhatikan gambar berikut!

Luas daerah yang diarsir pada gambar di atas adalah ….

A. 152 m2
B. 160 m2
C. 172 m2
D. 180 m2

* Kunci jawaban : A

* Pembahasan

27. * Kemampuan Yang Diuji
Menghitung keliling bangun datar dan penggunaan konsep keliling dalam kehidupan sehari-hari

* Indikator Soal
Menghitung keliling gabungan beberapa bangun datar

* Soal
Perhatikan gambar berikut!

Keliling daerah yang diarsir pada gambar di atas adalah ….

A. 287 cm
B. 175 cm
C. 84 cm
D. 54 cm

* Kunci jawaban : D
* Pembahasan

28. * Kemampuan Yang Diuji
Menghitung besar sudut pada bidang datar

* Indikator Soal
Menentukan besar salah satu sudut yang saling berpenyiku/berpelurus

* Soal
Perhatikan gambar berikut!

Besar COE pada gambar di atas adalah ….

A. 1050
B. 900
C. 850
D. 750

* Kunci jawaban : B

* Pembahasan

Besar  COE = (5x + 15)0 = 900

29. * Kemampuan Yang Diuji
Menghitung besar sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain

* Indikator Soal
Menghitung besar sudut yang saling berhubungan (sehadap, bertolak belakang, berseberangan dan sepihak)
* Soal
Perhatikan gambar berikut!

Nilai (x + y + z) pada gambar di atas adalah ….

A. 1250
B. 1500
C. 1800
D. 2700

* Kunci jawaban : A

* Pembahasan
3x + 1200 = 1800  3x = 600  x = 200
2y + 1500 = 1800  2y = 300  y = 150
z + 600 + 300 = 1800  z = 900
Jadi x + y + z = 1250

30. * Kemampuan Yang Diuji
Menghitung besar sudut pusat dan sudut keliling pada lingkaran

* Indikator Soal
Menghitung besar sudut pusat/sudut keliling pada lingkaran

* Soal
Perhatikan gambar berikut!

Besar CAD pada gambar di atas adalah ….

A. 350
B. 400
C. 450
D. 500

* Kunci jawaban : B

* Pembahasan
 ADC = 900
 CAD = 1800 – 900 – 500 = 400
 CBD =  CAD = 400

31. * Kemampuan Yang Diuji
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kesebangunan

* Indikator Soal
Menghitung panjang sisi pada dua segitiga sebangun

* Soal
Perhatikan gambar berikut!

Panjang PQ pada gambar di atas adalah ….

A. 6 cm
B. 8 cm
C. 10 cm
D. 12 cm

* Kunci jawaban : A

* Pembahasan

32. * Kemampuan Yang Diuji
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kesebangunan

* Indikator Soal
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan kesebangunan

* Soal
Sebuah foto dengan ukuran alas 20 cm dan tinggi 30 cm dipasang pada bingkai yang sebangun dengan foto. Jika lebar bingkai bagian atas, kiri, dan kanan yang tidak tertutup foto adalah 2 cm, maka lebar bingkai bagian bawah foto adalah ….

A. 4 cm
B. 6 cm
C. 7 cm
D. 8 cm

* Kunci jawaban : A

* Pembahasan

Lebar bagian bawah foto = 36 – 30 – 2 = 4 cm
33. * Kemampuan yang diuji.
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kongruensi

* Indikator soal
Diberikan gambar dua segitiga kongruen, siswa dapat menentukan pasangan sisi atau sudut yang sama, jika unsur yang diperlukan diketahui.

* Soal
Perhatikan gambar !
C F
x

x o o
A B D E
Segitiga ABC dan DEF kongruen.

Sisi yang sama panjang adalah ….
A. AC=EF C. BC=EF
B. AB=DE D. BC=DE

* Kunci jawaban: D

* Pembahasan
Jawab:
Panjang sisi yang sama harus diapit oleh besar sudut yang sama, maka
AB = EF ( diapit oleh sudut x dan o )
BC = ED ( diapit oleh suduti o dan kosong )
dan AC = FD ( diapit oleh sudut x dan kosong )

34. * Kemampuan yang diuji.
Menentukan unsur-unsur bangun ruang sisi datar

* Indikator soal
Siswa dapat menentukan banyak diagonal sisi, bidang diagonal atau diagonal ruang pada kubus dan balok

* Soal
Banyak diagonal ruang pada kubus adalah….
A. 4 C. 8
B. 6 D. 12

* Kunci jawaban: A

* Pembahasan
Banyak diagonal ruang kubus = Banyak titik sudut : 2
= 8 : 2 = 4

35. * Kemampuan yang diuji.
Menentukan jaring-jaring bangun ruang

* Indikator soal
Diberikan gambar rangkaian persegi, siswa dapat menentukan rangkaian yang merupakan jaring-jaring kubus.

* Soal

Dari rangkaian persegi di atas, yang merupakan jaring-jaring kubus adalah ….
A. 1 dan 3 C. 2 dan 3
B. 1 dan 4 D. 2 dan 4

* Kunci jawaban: B

* Pembahasan
Cukup jelas

36. * Kemampuan yang diuji.
Menghitung volume bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung

* Indikator soal
Siswa dapat menghitung volume kubus, balok, prisma atau limas

* Soal
Alas sebuah limas berbentuk persegi dengan keliling 40 cm dan tinggi limas 12 cm. Volum limas tersebut adalah ….
A. 400 cm3 C. 1200 cm3
B.480 cm3 D. 1440 cm3
* Kunci jawaban: A

* Pembahasan
Diketahui : sisi alas = 40 : 4 = 10 cm
V = x La x t
= x ( 10 x 10) x 12
= 400 cm

37. * Kemampuan yang diuji.
Menghitung volume bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung

* Indikator soal
Siswa dapat menghitung volume tabung, kerucut, atau bola

* Soal
Volume tabung dengan panjang diameter 7 cm dan tinggi 12 cm adalah ….
( = )
A. 154 cm³ C. 462 cm³
B. 231 cm³ D. 1848 cm³

* Kunci jawaban: C

* Pembahasan
Diketahui : d = 7 cm, r = cm dan t = 12 cm
V = r2t
= x ( x ) x 12
= 462 cm

38. * Kemampuan yang diuji.
Menghitung volume bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung

* Indikator soal
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume bangun ruang sisi lengkung

* Soal
Sebuah kaleng berbentuk tabung berdiameter 28 cm dan tinggi 60 cm penuh berisi minyak. Minyak tersebut akan dituang ke dalam kaleng-kaleng kecil berdiamater 14 cm dan tinggi 20 cm. Berapa banyak kaleng kecil yang diperlukan untuk menampung minyak dari kaleng besar?
A. 8 buah. C. 16 buah.
B. 12 buah. D. 32 buah.

* Kunci jawaban: B

* Pembahasan
Banyak kaleng kecil =
=

39. * Kemampuan yang diuji.
Menghitung luas permukaan bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung

* Indikator soal
Siswa dapat menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma, atau limas

* Soal
Alas sebuah prisma berbentuk belah ketupat dengan keliling 100 cm dan panjang salah satu diagonalnya 30 cm serta tinggi prisma 12 cm. Luas seluruh permukaan prisma tersebut adalah ….
A.2400 cm2 C. 7200 cm2
B.6000 cm2 D. 18000 cm2

* Kunci jawaban: A

* Pembahasan
Panjang sisi alas = 100 : 4 = 25 cm, d = 30 cm, t = 12 cm
Setengah d = = 20 cm, maka d = 40 cm
La = = 600 cm
L = 2.La + Ka.t = 2 x 600 + 100 x 12
= 1200 + 1200 = 2400 cm2

40. * Kemampuan yang diuji.
Menghitung luas permukaan bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung

* Indikator soal
Siswa dapat menghitung luas permukaan tabung, kerucut, atau bola

* Soal
Luas permukaan bola dengan panjang jari-jari 7 cm adalah ….( = )
A. 154 cm2 C. 462 cm2
B. 308 cm2 D. 616 cm2

* Kunci jawaban : D

* Pembahasan
L. bola= 4 4 x x 7 x 7
= 616 cm2

41. * Kemampuan yang diuji.
Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari

* Indikator soal
Siswa dapat menghitung mean , median, atau modus data tunggal

* Soal
Mean dari data : 4, 3, 5, 6, 7, 5, 8 , 7, 7, 2 adalah ….
A. 5 C. 5,5
B. 5,4 D. 7

* Kunci jawaban: B

* Pembahasan
Mean = = = 5,4

42. * Kemampuan yang diuji.
Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari

* Indikator soal
Siswa dapat menghitung mean , median, atau modus data tunggal pada tabel frekuensi

* Soal

Nilai 4 5 6 7 8 9 10
Frekuensi 6 2 4 3 5 2 1

Modus dari data pada tabel di atas adalah….
A. 4 C. 7
B. 6,5 D. 10

* Kunci jawaban : A

* Pembahasan
Nilai 4 muncul 6 kali (terbanyak)

43. * Kemampuan yang diuji.
Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari

* Indikator soal
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan nilai rata-rata

* Soal
Perhatikan tabel nilai matematika berikut :
Nilai 4 5 6 7 8 9 10
Frekuensi 5 3 4 3 5 2 1
Banyak siswa yang mendapat nilai kurang dari nilai rata-rata adalah ….
A. 11 orang C. 15 orang
B. 12 orang D. 23 orang

* Kunci jawaban: B

* Pembahasan
Nilai rata-rata = 6,4
Nilai kurang dari 6,4 = nilai 4, 5, dan 6
= 5 + 3 + 4 = 12 orang

44. * Kemampuan yang diuji.
Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari

* Indikator soal
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan nilai rata-rata

* Soal
Dari 18 siswa yang mengikuti ulangan Bahasa Inggris, nilai rata-ratanya 65. Setelah 2 orang siswa ikut ulangan susulan, nilai rata-ratanya menjadi 64. Nilai rata-rata 2 orang siswa yang ikut ulangan susulan adalah….
A. 55 C. 64,5
B. 62 D. 66

* Kunci jawaban: A

* Pembahasan
Jumlah nilai 18 siswa = 18 x 65 = 1170
Jumlah nilai 18 + 2 siswa = 20 x 64 = 1280
Jumlah nilai 2 siswa = 1280- 1170 = 110
Nilai rata-rata ke-2 siswa itu adalah 110 : 2 = 55

45. * Kemampuan yang diuji.
Menyajikan dan menafsirkan data

* Indikator soal
Siswa dapat menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk diagram batang, diagram lingkaran, atau diagram garis

* Soal
Perhatikan diagram tentang 4 pelajaran yang disukai sekelompok siswa.

Matematika
900
1200 600 IPA
Bahasa
Kesenian
Jika banyak siswa seluruhnya 280 orang, maka banyak siswa yang suka kesenian adalah ….
A. 60 orang C. 80 orang
B. 70 orang D. 90 orang

* Kunci jawaban: B

* Pembahasan
Banyak siswa seluruhnya = 280 orang atau 3600
Besar sudut untuk siswa yang suka kesenian = 360o – (120o+90o+60o)
= 360o – 270o = 90o
Jadi banyak siswa yang suka kesenian = orang = 70 orang

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s